Monday, November 13, 2006

Once There Was A Sultan Of Swing..


Familiar dengan nama Mark Knopfler?
Dia salah satu figur yang dihormati di dunia musik. Memulai karirnya sebagai gitaris, vokalis dan penulis lagu utama kelompok Dire Straits yang sangat populer sebagai band beraliran country-rock di akhir era 70-an sampai 80-an. Menelurkan banyak hits, mulai dari Sultan Of Swings, Telegraph Road, Tunnel Of Love, etc…


Dire Straits' Live Aid Poster, 1985


Namun yang paling booming adalah ketika Dire Straits merilis album Brothers In Arms di akhir era 1980-an (saya lupa tahun tepatnya), dimana di album itu ia menulis lagu Money For Nothing bersama Sting (Sting juga menjadi guest star di lagu tersebut). Lagu itu menjadi hit dunia dan video-nya sangat populer.

Semenjak kesuksesan Money For Nothing, Dire Straits tak banyak merilis album, Knopfler banyak bersolo karir sebagai penulis musik utk film layar lebar, dan cukup sukses juga. Antara lain dia menggarap musik untuk film Cal, Local Hero, dan Wag The Dog (sebuah komedi satir tentang politik Amerika yg dibintangi Dustin Hoffman dan Robert DeNiro).


Mark Knopfler, 1992

Terakhir, waktu saya kelas satu SMA, Dire Straits menelurkan album On Every Streets, yang walaupun cukup menarik, namun disayangkan tak berhasil menampilkan kualitas seperti masa jayanya dulu. Selepas itupun, Dire Straits hanya merilis koleksi2 lama mereka seperti rekaman live, atau kompilasi. Mark Knopfler sempat melempar album solo lagi tahun 1996 yang berjudul Golden Heart. Sampai saat ini Knopfler masih aktif mengeluarkan album-album solo.

Ada kabar yang mengatakan, bahwa sebelum Knopfler menjadi artis rekaman, konon dia adalah seorang guru bahasa inggris di sebuah sekolah menengah. Mungkin oleh sebab itu, bisa dibilang dia adalah seorang penulis lirik lagu yang unggul di generasinya. Storytelling-nya kuat, bahasanya selalu tertata, puitis, dan seringkali memiliki rhyme yang baik.

Yang akan saya kutipkan untuk anda adalah, salah satu lirik lagu sederhana namun indah yang pernah dibuat Mark Knopfler, dari album solonya Golden heart itu tadi...
Rhymingnya bagus, seperti bisa kalian simak persamaan bunyi di akhir tiap baris secara bergantian, dan dia bisa mempertahankan rhyme itu dengan tanpa kehilangan grip terhadap kewajaran dan alur cerita lagu. Excellent..
----------------------------------



A NIGHT IN SUMMER LONG AGO (Mark Knopfler)

My lady, may I have this dance…
Forgive a knight who knows no shame
My lady, may I have this dance…
And lady may I know your name

You danced upon a soldier’s arm
And I felt the blade of love so keen
And when you smiled you did me harm
And I was drawn to you, my queen…

Now these boots may take me where I will
Though they never shine like his
There is no knight I would not kill
To have my lady’s hand to kiss…

Yes and they did take me through the hall
To leave me not one breath from you
And they fell silent one and all
And you could see my heart was true

Then I did lead you from the hall
And we did ride upon the hill
Away beyond the city wall
And sure you are my lady still

A night in summer long ago
The stars were falling from the sky
And still my heart, I have to know

Why do you love me, lady, why…

0 Comments:

Post a Comment

<< Home